Bangun Rumah VS Beli Rumah

Sebenarnya tidak ada hal mutlak yang mana salah maupun benar, karena tergantung dari kondisi finansial dari pemilik rumah. Namun, ada beberapa hal yang bisa kamu jadikan pertimbangan sebelum mengambil keputusan. Yuk kita bahas!

Jika kamu memilih untuk membangun rumah, sudah pasti bisa mendesain rumah impian sesuai dengan keinginamu, mulai dari segi arsitektur, tata letak, dan bahan bangunan. Sedangkan jika membeli rumah, kamu sudah langsung mendapatkan desain rumah yang disediakan oleh developer. Apalagi jika kamu membeli rumah di cluster yang biasanya memliki peraturan tidak memperbolehkan untuk mengubah fasad depan rumah.

Budget untuk membangun rumah juga bisa lebih dikontrol sesuai dengan kemampuan financial masing-masing. Untuk pembangunan rumah dibawah 200 m2 juga tidak perlu membayar PPN. Namun tentu, untuk bangun rumah harus menyiapkan uang terlebih dahulu untuk membeli tanah dan pembangunan. Berbeda dengan beli rumah langsung yang bisa beli melalui KPR, namun untuk membeli rumah ini banyak memakan dibiaya lain-lain.

Untuk membangun rumah akan memakan waktu yang lama tergantung luas dan kesulitan bangunan. Sehingga tidak bisa langsung ditempati. Pemilik rumah harus mencari tempat lain dulu seperti kos atau kontrak selama beberapa bulan. Hal itupun akan memakan biaya. Sedangkan jika membeli rumah, kamu sudah bisa menempatinya. Jika renovasi minim pun rumah masih bisa ditempati.

Pembangunan rumah juga lebih cocok untuk orang yang mau lebih “repot” dan memiliki banyak waktu untuk mengecek progress pembangunan agar sesuai dengan timeline pengerjaan. Sedangkan jika beli rumah, semua sudah diserahkan ke developer. Pemilik rumah hanya perlu mengurus pembayaran rumah saja, memilih KPR atau cash.

Untuk informasi hubungi kami :
PRIGLOTECH
Jalan Kutilang V RT.24 No.147
Ring Road – Balikpapan
Icon Emailpgt.bpn@gmail.com
Telepon Call +62 821 5022 3255
Whatsapp : 0821 5022 3255

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Whatsapp
Apa yang kami bisa bantu ?
Hallo
Ada yang bisa kami bantu,